Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KARIR BERPENDEKATAN CLIENT CENTERED TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SOFT SKILLS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK SATYA PRAJA 1 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Konseling Karir Berpendekatan Client Centered, Kemampuan Soft Skills
Layanan konseling karir merupakan layanan bimbingan dan konseling dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja, dapat memilih lapangan kerja atau jabatan/profesi tertentu serta membekali diri dengan berbagai tuntutan dari lapangan pekerjaan yang dimasuki. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan konseling karir berpendekatan client centered terhadap peningkatan kemampuan soft skills peserta didik kelas XI SMK Satya Praja 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian berjumlah 188 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 20 peserta didik yang memiliki kemampuan soft skills rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapi dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown, dilanjut uji analisis data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji t (t-test).
Hasil deskriptif pada pre-test dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 80-100 sebanyak 9 peserta didik (45,00%) dari jumlah populasi dengan kriteria cukup, sedangkan hasil treatment pada post-test hasil rata-rata dalam rentang nilai 182-197 sebanyak 11 peserta didik (55.00%) dalam kriteria tinggi ini berarti terdapat perbedaan peningkatan sebelum diberi layanan sebanyak 5%. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 3,924, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 18, maka ditemukan ttabel = 2,093, sehingga thitung = 3,924> ttabel = 2,093 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat efektivitas layanan konseling karir berpendekatan client centered terhadap kemampuan soft skills peserta didik kelas XI SMK Satya Praja 1 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak hipotesis nihil.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu upaya keras dalam meningkatkan layanan konseling karir berpendekatan client centered, perlu dukungan yang kuat dari guru, peran serta dari semua pihak sekolah lainnya ikut merasa bertanggung jawab pada peningkatan kemampuan soft skills peserta didik agar tidak menjerumus ke perbuatan yang negatif.
11135000900 | PAN e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain