Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PEGAWAI ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA FKIP UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan mahasiswa
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Kualitas Pelayanan Pegawai Administrasi terhadap kepuasan mahasiswa pada mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena menggunakan angka-angka sebagai sumber pengolahan datanya ditunjang oleh studi kepustakaan sesuai dengan karakteristik yang diteliti dan data yang dikumpulkan. Penelitian dilaksanakan pada mahasiswa FKIP Universitas Pancasakti Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan yang masih aktif sebanyak 1944. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik insidental sampling diambil sebanyak 97. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji regresi linier sederhana dan uji-t.
Hasil perhitungan diketahui persamaan regresi linier sederhana Y=13,54+0,64X, dan hasil uji-t diketahui bahwa thitung=10,5 dan dikonsultasikan dengan ttabel untuk N=97 taraf keabsahan d.f= (97-2=95) dengan tingkat kesalahan 5% sebesar=1,985. Karena thitung> ttabel yaitu 10,5 >1,661, maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan pegawai administrasi terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan pegawai administrasi yang akan berdampak positif pada meningkatnya kepuasan mahasiswa guna kemajuan fakultas tersebut.
13125000390 | AZI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain