Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS TERPADU PADA KELAS VII A SMP NEGERI 6 BREBES TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Penelitian ini membahas tentang efektivitas model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPS Terpadu pada kelas VII A SMP Negeri 6 Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagiamana dan sejauh mana prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Brebes pada mata pelajaran IPS terpadu sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (2) Untuk mengetahui bagiamana dan sejauh mana prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 6 Brebes pada mata pelajaran IPS sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. (3) Untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan prestasi belajar siswa sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VII dalam mata pelajaran IPS Terpadu SMP Negeri 6 Brebes.
Pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu tipe
pembelajaran kooperatif atau pembelajaran secara bekelompok yang menekankan pada aktivitas dan interaksi antar siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Brebes sebanyak 103 siswa yang, pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Non-random sampling, diambil kelas VII A yang berjumlah 30 siswa mendapat pembelajaran sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes sebagai metode utama untuk memperoleh hasil belajar siswa. Pengujian hipotesis menggunakan analisis data t-test untuk sampel berpasangan.
Hasil penelitian menujukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu lebih efektif dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional (sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD), hal ini dapat dilihat dari perolehan data dengan taraf signifikan 5% dengan hasil thitung = 8,18 sedangkan ttabel 1,64 sehingga Ha diterima dan Ho di tolak. Dapat disimpulkan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu siswa kelas VII SMP Negeri 6 Brebes. Untuk itu disarankan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diharapkan dapat diterapkan disekolah sebagai salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
13145000660 | KUS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain