Skripsi
KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA (Studi Eksperimen padaPeserta DidikKelasVIIISemester II SMP Negeri 2 Adiwerna Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan Pokok Bahasan Lingkaran)
Kata Kunci : Keefektifan, Model Pembelajaran Guided Teaching, Prestasi, Keaktifan Belajar Matematika
Sebagian besar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten Tegal mempunyai prestasi dan keaktifan belajar matematika yang rendah. Berkaitan hal ini perlu adanya variasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar yang melibatkan peserta didik supaya lebih aktif. Upaya yang dapat ditempuh adalah penerapan model pembelajaran Guided Teaching. Tujuan penelitian adalah untuk membuktikan:(1)prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Guided Teaching telah mencapai target, (2)model pembelajaran Guided Teaching lebih baik daripada model pembelajaran kovensional terhadap prestasi belajar matematika, (3)model pembelajaran Guided Teaching lebih baik daripada model pembelajaran kovensional terhadap keaktifan belajar matematika, (4)adanya perbedaan prestasi dan keaktifan belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching dengan model pembelajarn konvensional, (5)model pembeajaran Guided Teaching lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan keaktifan belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Adiwerna Kabupaten tegal tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri atas 9 kelas. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel yang diambil sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen, 2 kelas sebagai kelas kontrol, dan 1 kelas sebagai kelas uji coba. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen penelitian berupa tes dalam bentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal dan daya beda. Teknik Analisis data menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan, uji analisis variansi multivariant satu arah dan uji τ2 – Hotteling.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)prestasi belajar matematika peserta didik dengan model pembelajaran Guided Teaching telah mencapai target, (2)model pembelajaran Guided Teaching lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar matematika, (3)model pembelajaran Guided Teaching lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap keaktifan belajar matematika, (4)adanya perbedaan prestasi dan keaktifan belajar matematika yang diajar menggunakan model pembelajaran Guided Teaching dengan model pembelajaran konvensional, (5)model pembelajaran Guided Teaching lebih baik daripada model pembelajaran konvensional terhadap prestasi dan keaktifan belajar matematika.
17135001200 | AMA k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain