Skripsi
PENGARUH PROFIL GURU PKN DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 1 KEDUNG BANTENGTAHUN PELAJARAN 2016-2017
Kata Kunci:Profil dan Motivasi
Guru adalah pendidik profesional yang tugas utama mendidik, mengajar,membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar.
Permasalahandanpertanyaanpenelitianiniadalah: (1) Bagaimanaprofil guru PKn di SMP Negeri 1 KedungBanteng Tahun Pelajaran 2016-2017? (2) Bagaimana tingkat motivasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 KedungBanteng Tahun Pelajaran 2016-2017? (3) Adakah pengaruh profil guru terhadap motivasi belajardi SMP Negeri 1 Kedung Banteng Tahun Pelajaran 2016-2017?
Menggunakan pendekatan kuantitatif.Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 84peserta didik kelas VIII E-VIII I. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, sebelumnya diuji normalitas dan linearitas.
Simpulkan bahwa: 1) Berdasarkan perhitungan kecenderungan skor menyatakan bahwa dari 84peserta didik(0%) peserta didik menilai kecenderungan profil mengajar guru dalam kategori sangat tinggi, (20,23%) peserta didik menilai profil mengajar guru dalam kategori tinggi, (55,95%) peserta didik menilai dalam kategori rendah, dan (23,80%) peserta didik menilai profil mengajar dalam kategori sangat rendah. 2) Berdasarkan perhitungan kecenderungan skor menyatakan bahwa dari 84peserta didik (65,47%) motivasi belajar peserta didik dalam kategori sangat tinggi, (27,38%) motivasi belajar peserta didik dalam kategori tinggi,(7,14%) motivasi belajar peserta didik dalam kategori rendah, dan (0%) motivasi belajar peserta didik dalam kategori sangat rendah, karena ada faktor lain yang mempengaruhi. (3) Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r^2=4%. Hal ini berarti bahwa profil mengajar guru sebesar 4% terhadap motivasi belajar peserta didik, melalui persamaanregresi Y = 1,06 + 8,06 X. Sisanya 96% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara profil mengajar guru (X) dengan motivasi belajar peserta didik (Y) pada peserta didik kelas VIII E- VIII I dan saran bagi orang tua peserta didik sebaiknya orang tua selalu mengontrol dan memperhatikan motivasi belajarnya
12135000310 | PAI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain