Skripsi
ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKUNTANSI TERHADAP KONSEP DASAR AKUNTANSI (STUDI EMPIRIS PADA UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL)
RIZKA MUJIATI. 2017. “Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi (Studi Empiris Pada Universitas Pancasakti Tegal)”.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan secara signifikan terhadap pemahaman konsep dasar akuntansi antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK jurusan Akuntansi, SMA/MA jurusan IPS, SMA/MA jurusan IPA, dan jurusan lain-lain di Universitas Pancasakti Tegal. Konsep dasar akuntansi dalam penelitian ini meliputi : aset, liabilitas, ekuitas, jurnal, buku besar, dan neraca.
Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif akuntansi semester IV, VI, dan VIII tahun ajaran 2017 yang telah lulus mata kuliah Pengantar Akuntansi. Berdasarkan perhitungan rumus slovin, ditemukan sampel penelitian sebanyak 234 dari total populasi sebanyak 563 mahasiswa akuntansi. Penelitian ini menggunakan uji beda Kruskall Wallis Test karena data tidak berdistribusi normal.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan secara signifikan terhadap pemahaman konsep aset, liabilitas, ekuitas, jurnal, dan neraca antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK jurusan Akuntansi, SMA/MA jurusan IPS, SMA/MA jurusan IPA, dan jurusan lain-lain di Universitas Pancasakti Tegal.
Namun tidak terdapat perbedaan secara signifikan terhadap pemahaman konsep buku besar antara mahasiswa akuntansi yang berasal dari SMK jurusan Akuntansi, SMA/MA jurusan IPS, SMA/MA jurusan IPA, dan jurusan lain-lain di Universitas Pancasakti Tegal.
Kata Kunci : Konsep Dasar Akuntansi, dan Mahasiswa Akuntansi.
43135000160 | MUJ a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain