Skripsi
PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS NARASI MENGGUNAKAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY PADA SISWA KELAS VII A MTs NEGERI MARGADAN KOTA TEGAL
Kata Kunci : peningkatan pembelajaran menulis narasi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis narasi pada siswa kelas VII A MTs Negeri Margadana Kota Tegal.
Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VII A MTs Negeri Kota Tegal. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis narasi menggunakan teknik two stay two stray. Teknik pengumpulan data ini berupa observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus.
Berdasarkan hasil observasi pembelajaran di kelas menunjukkan keterampilan menulis siswa kelas VII A MTs Negeri Margadana Kota Tegal masih tergolong rendah. Berdasarkan pengamatan dari segi guru, terlihat guru menggunakan metode yang kurang bervariasi, yaitu hanya ceramah dan penugasan. Hasilnya siswa merasa tidak tertarik dan perhatian siswa dalam pembelajaran menjadi mudah terpecah atau sulit berkonsentrasi karena jenuh. Penggunaan teknik two stay two stray pada pembelajaran menulis narasi diharapkan dapat meningkatkan proses dan hasil pembelajaran menulis narasi pada siswa .
Penelitian tersebut menunjukkan hasil pembelajaran menulis menggunakan teknik two stay two stray mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II baik peningkatan proses maupun hasil.1) peningkatan proses pembelajaran terlihat dari keaktifan siswa dan respon siswa terhadap pelajaran meningkat. Selain mengalami peningkatan juga mengalami hambatan. Hambatan-hambatan yang terjadi pada siklus I adalah kurang kondusifnya suasana pembelajaran karena masih ada siswa yang ramai, kurangnya interaksi antara siswa dengan guru, guru masih kurang menguasai teknik pembelajaran two stay two stray. Upaya untuk mengatasi hambatan adalah guru memberikan teguran kepada siswa yang ramai agar mereka tidak mengganggu siswa lain sehingga suasana kegiatan pembelajaran dapat kondusif, guru memberikan perhatian dan pertanyaan-pertanyaan pancingan supaya mereka tidak takut untuk berinteraksi dengan guru dengan menggunakan metode diskusi,penjelasan kembali tentang teknik two stay two stray dan penerapannya kepada guru.2) peningkatan hasil pembelajaran menulis narasi menggunakan teknik two stay two stray yang diperoleh siswa pada tahap prasiklus 62.7, hasil tersebut meningkat 4.2 poin pada siklus I menjadi 66.9, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu meningkat 13.1 poin menjadi 80.
Saran untuk guru bahasa Indonesia MTs Negeri Kota Tegal agar menggunakan metode, strategi ataupun teknik Two Stay Two Stray dalam pembelajaran menulis narasi agar siswa tidak bosan dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran.
15145001060 | CAR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain