Skripsi
FEMINISME POSTKOLONIAL PADA NOVEL LARASATI KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER SEBAGAI BENTUK EKSISTENSI WANITA DALAM KESUSASTRAAN DAN IMPLIKASINYA UNTUK PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA
Kata Kunci: Feminisme Postkolonial, Novel dan Implikasi Pembelajaran.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan feminisme postkolonial yang terdapat dalam novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer sebagai bentuk eksistensi wanita dalam kesusastraan dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran sastra di SMA.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripsi. Sumber data penelitian ini adalah novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer. Wujud data dalam penelitian ini adalah kata-kata atau kalimat mengenai aspek feminisme postkolonial dalam novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode informal yaitu menyajikan data dengan kata-kata untuk memperjelas kajian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, dalam novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer terdapat tiga aspek feminisme postkolonial yaitu aspek diskriminasi wanita, aspek marginalisasi dan aspek penindasan ganda. Inti feminisme postkolonial dalam novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer adalah mengungkap sisi lain dari seorang wanita, feminisme postkolonial semakin tercermin dari masalah yang dihadapi dan cara menyelesaikannya. Implikasi hasil penelitian ini adalah pembelajaran sastra yang berkaitan dengan novel sesuai dengan standar kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) KTSP di SMA yang terdapat pada kelas XI smestr 1 dengan materi memahami berbagai hikayat, novel indonesia/novel terjemahan.
Saran pada penelitian ini adalah siswa dalam membaca novel diharapkan dapat menyaring antara hal yang positif dan negatif dalam sebuah novel, untuk guru juga diharapkan dapat mengajarkan nilai-nilai positif yang terdapat dalam karya sastra sehingga bisa membentuk karakter peserta didik dan membuat peserta didik mencintai sastra. Novel Larasati karya Pramoedya Ananta Toer termasuk novel yang berkualitas dan dapat dijadikan bahan alternatif pembelajaran yang menarik.
15135001410 | YUN f C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain