Skripsi
Struktur Cerita Legenda Candi Prambanan dalam Kajian Kritik Sastra Berdasarkan Kritik Mitepoik dan Implikasinya bagi Pembelajaran Sastra di SMA
Kata kunci : struktur, legenda, kritik mitepoik, implikasi.
Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan struktur cerita Legenda Candi Prambanan berdasarkan kritik mitepoik, (2) Mendeskripsikan implikasi pembelajaran struktur cerita Legenda Candi Prambanan di SMA.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah struktur dan kritik mitepoik dalam cerita Legenda Candi Prambanan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik studi pustaka, teknik yang memanfaatkan sumber tertulis dari cerita Legenda Candi Prambanan. Sumber data dalam penelitian ini berupa wacana dalam cerita Legenda Candi Prambanan. Wujud data dalam penelitian ini berupa teks/wacana. Penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode informal yang disajikan secara lingual.
Hasil Penelitian menunjukkan adanya struktur yang terdapat dalam cerita Legenda Candi Prambanan yaitu: tema, alur atau plot, latar atau seting, penokohan atau perwatakan, sudut pandang, amanat, dan gaya bahasa. Struktur dikaitkan dengan kritik mitepoik yang meliputi: (1) latar belakang munculnya mitos dalam cerita Legenda Candi Prambanan, (2) jenis mitos, (3) kesan yang ditimbulkan dari mitos cerita Legenda Candi Prambanan. Hasil penelitian ini dapat diterapkan pada pembelajaran sastra di SMA Kelas XII semester II dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dengan standar kompetensi mengungkapkan pendapat dalam bentuk struktur dan kritik sastra.
Saran pada penelitian ini adalah agar guru bahasa Indonesia dapat menjadikan cerita Legenda Candi Prambanan sebagai alternatif pembelajaran yang menarik dalam menganalisis pesan yang terkandung dalam suatu karya sastra, dan dapat menanamkan nilai-nilai positif yang terkandung dalam suatu karya sastra. Bagi siswa, diharapkan dapat membantu mempermudah pemahaman dalam hal menganalisis suatu karya sastra berupa cerita legenda, serta dapat mengambil hikmah yang terkandung dalam cerita legenda sebagai bentuk pembelajaran di kehidupan nyata.
15135000530 | ASM s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain