Skripsi
BENTUK DAN FUNGSI TINDAK TUTUR SLOGAN VARIAN IKLAN MI INSTAN DAN IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
Kata Kunci : tindak tutur, slogan, iklan, mi instan, implikasi
Penelitian ini berjudul “Bentuk dan Fungsi Tindak Tutur Slogan Varian Iklan Mi Instan dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur slogan varian iklan mi instan serta implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah slogan varian iklan mi instan Indomie, Sarimi, dan Sedaap. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah metode simak yaitu teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam dan catat. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan dengan teknik dasar yaitu teknik pilah unsur penentu. Metode penyajian hasil analisis data penelitian ini menggunakan penyajian hasil analisis data secara informal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk dan fungsi tindak tutur slogan varian iklan mi instan dari 36 slogan iklan yang diteliti, 21 slogan mengandung bentuk tindak tutur deklaratif langsung, 12 slogan mengandung bentuk deklaratif tidak langsung, 1 slogan mengandung bentuk interogatif langsung, dan 2 slogan mengandung bentuk tindak tutur imperatif langsung, dari 36 slogan yang diteliti, 3 slogan mengandung fungsi tindak tutur representatif, 7 slogan mengandung fungsi direktif, 10 slogan mengandung fungsi ekspresif, dan 16 slogan mengandung fungsi tindak tutur komisif, (2) implikasi hasil penelitian dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA berdampak positif. Dari hasil penelitian ini dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas XII semester 1 khususnya dalam menginterpretasi makna teks iklan.
Guru dapat mengambil hal-hal yang penting pada iklan mi instan yang dapat diimplikasikan dalam pembelajaran, seperti menerangkan bentuk dan fungsi tindak tutur slogan yang terdapat pada iklan mi instan. Siswa diharapkan dapat mengetahui ilmu bahasa lebih mendalam mengenai interpretasi makna teks iklan.
15135001190 | ROH b C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain