Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA ELEKTRONIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN METODE SIMAK PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : media elektronik, pembelajaran menulis, teks berita.
Pembelajaran menulis teks berita dinilai lebih efektif apabila dilakukan dengan cara yang menarik, menyenangkan, dan penuh makna. Untuk memenuhi aspek tersebut digunakan media elektronik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : (1) Bagaimanakah pembelajaran menulis teks berita dengan media elektronik melalui metode simak di SMP Negeri 3 Slawi? (2) Bagaimanakah keefektifan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media elektronik dan tanpa media elektronik melalui metode simak di SMP Negeri 3 Slawi?
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Mendeskripsikan hasil pembelajaran menulis teks berita dengan media elektronik melalui metode simak di SMP Negeri 3 Slawi . (2) Mendeskripsikan keefektifan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media elektronik dan tanpa media elektronik melalui metode simak di SMP Negeri 3 Slawi.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Slawi. Jumlah sampel sebanyak 66 siswa, yang terdiri dari kelas eksperimen (VIII A) berjumlah 33 siswa dan kelas kontrol (VIII B) berjumlah 33 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif, yaitu menganalisis data melalui pembuktian hipotesis dengan rumus statistik. Pengumpulan datanya menggunakan teknik tes hasil belajar dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita antara kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan media elektronik dan kelas kontrol yang diajar tanpa menggunakan media elektronik. Hasil t hitung kelas eksperimen adalah 11,2 dan hasil t hitung kelas kontrol adalah 4,92. Kelas eksperimen mendapatakan hasil t hitung yang lebih tinggi dari kelas kontrol. Penggunaan media elektronik dalam pembelajaran menulis teks berita lebih efektif jika dibandingkan dengan tanpa menggunakan media elektronik, ini terbukti dari hasil perthitungan uji t independent bahwa kemampuan menulis teks berita di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh t hitung = 5,42. Sedangkan t tabel pada taraf signifikan (0,05) dengan derajat kebebasan 64 sebesar 1,67. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa t hitung lebih besar dari pada t tabel . Hal ini menunjukkan bahwa media elektronik dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Slawi tahun pelajaran 2016/2017.
15135001160 | MAG k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain