Skripsi
SIKAP RELIGIUS TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “ SEKAR ARUM” KARYA SIN SOEKARSONO SERTA IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMA
Kata Kunci : Sikap Religius, Novel, Pembelajaran Sastra
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikanTokoh dan penokohan pada Novel “Sekar Arum”, Sikap Religius Tokoh Utama pada Novel “Sekar Arum” dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran di SMA. Teori yang digunakan untuk penelitian ini adalah menggunakan teori azzra dkk tentang aqidah yang meliputi hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan dirinya sendiri dan hubungan manusia dengan lingkungan.
Metode penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah novel Sekar Arum karya Sin Soekarsono. Teknik penyediaan data yang digunakan adalah Teknik baca, analisis data menggunakan metode structural yang alat penentunya penuturdan mitra tutur. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan metode pendekatan objektif. Metode pendekatan objektif yaitu Teknik pengumpulan data dengan mengambil teori dari buku-buku sumber yang relevan atau sesuai dengan bidang kajian yang diteliti.
Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa novel Sekar Arum karya Sin Soekarsono terdapat nilai religious. Hasil yang dapat dijelaskan melalui sikap religious dalam novel Sekar Arum dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Taqwa ada 3 dengan hasil prosentase 11,1%, 2) Doa ada 3 dengan hasil prosentase 5,5%, 3) Bersyukur ada 3 dengan prosentase 11,5%, 4) Tolong menolong dengan prosentase 7,5%, 5) Sopan santun ada 6 dengan prosentase 8,5%, 6) Ikhlas ada 3 dengan prosentase 11,2%, 7) Tekun ada 4 dengan prosentase 7,5%, 8) Semangat ada 11,2%, 9) Percaya diri ada 3 dengan prosentase 5,1%, 10) Hubungan manusia dengan lingkungan sekitar ada 5 dengan prosentase 11,1%. Diharapkan novel ini acuan dalam berapresiasi dalam berperilaku karena dalam novel ini banyak nilai kehidupan.
Saran untuk guru Bahasa Indonesia Pendidikan hendaknya memiliki pengetahuan yang sangat baik, sehingga dapat menyampaikan materi sastra dengan baik. Pendidik hendaknya mengutamakan nilai religious karena untuk bekal agama dan membentuk sikap dan sifat peserta didik.
15145001010 | SAF s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain