Skripsi
GAYA BAHASA KUMPULAN PUISI IBU KARYA A. MUSTOFA BISRI DAN IMPLIKASI PEMBELAJARANNYA DI SMA
Kata Kunci : gaya bahasa, puisi, learning
Gaya bahasa dan penulisan merupakan salah satu unsur yang menarik dalam sebuah bacaan. Pengarang memiliki gaya yang berbeda-beda dalam menuangkan setiap ide tulisannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa dalam kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan objektif dengan metode deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis gaya bahasa dalam kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri. Objek dalam penelitian ini adalah gaya bahasa dalam kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri. Wujud data berupa kata, bait yang mengandung gaya bahasa dengan sumber data adalah kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif teknik analisis deskriptif, tahap penyediaan data terdiri atas membaca puisi dan menandai dengan pencatatan serta pencatatan menurut tipe atau jenis terhadap yang telah dicacat, dipilih dan dipilah pilahkan. Analisis data menggunakan analisis wacana dan penyajian hasil analisis berupa uraian-uraian hasil analisis dalam bentuk kalimat.
Jenis gaya bahasa yang terdapat dalam kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri adalah 1) gaya bahasa perbandingan yaitu metafora, personafikasi, hiperbola, simile, pars pro toto, alegori, asosiasi. 2) Gaya bahasa perulangan yaitu anaphora, aliterasi, 3) Gaya bahasa sindiran yaitu ironi, melosis, 4) Gaya bahasa hanya gaya bahasa antithesis, sedangkan 5) Gaya bahasa penegasan pada gaya bahasa repetisi dan erotesis. Jumlah keseluruhan gaya bahasa adalah 88 kata/ kalimat. Gaya bahasa perbandingan terdapat 56 (71,79%), 10 kata/kalimat yang mengandung gaya perulangan (12,82%), 2 kata/kalimat yang mengandung gaya sindiran (2,56%), 2 kata/kalimat yang mengandung gaya perulangan (12,82%) dan 8 kata/kalimat yang mengandung gaya perulangan (10,26%). Hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMA kelas X semester ganjil materi gaya bahasa, dengan memanfaatkan gaya bahasa yang terkadung di bait dalam kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri.
Penulis menyarankan agar guru hendaknya dapat memaksimalkan penggunaan bahan pembelajaran sastra, dalam hal ini adalah kumpulan puisi Ibu karya A. Mustofa Bisri dengan memanfaatkan gaya bahasa yang terkadung di dalam bait pada puisi tersebut. Siswa hendaknya dalam membaca puisi memperhatikan nilai-nilai gaya bahasa yang terkandung dalam puisi tersebut, sehingga dapat membantu siswa dalam pemahaman gaya bahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
15115001680 | PAN g C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain