Skripsi
PENGARUH PERCAYA DIRI DAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI (Studi Kasus Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK NU 1 Slawi Kab.Tegal)
Kata Kunci : Percaya Diri, Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Akuntansi
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh antara percaya diri dan berpikir kritis terhadap kemandirian belajar akuntansi kelas X akuntansi SMK NU 01 Slawi. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara percaya diri dan berpikir kritis terhadap kemandirian belajar akuntansi kelas X akuntansi SMK NU 01 Slawi.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X akuntansi SMK NU 01 Slawi. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel acak (random sampling) dimana sampel yang digunakan sebanyak 33 orang. Sedangkan datanya berupa kuesioner atau angket dan dokumentasi. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Instrumen angket penelitian diuji dengan validitas dan reliabilitas alpha cronbach yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan korelasi product moment. Untuk menguji hipotesis penulis menggunakan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, percaya diri mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar akuntansi dengan tingkat pengaruh sebesar thitung 5,269, setelah itu dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=33 dan tingkat kesalahan 5% diketahui ttabel 1,697 jadi thitung>ttabel yaitu 5,269>1,697 . Kemudian Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa berpikir kritis mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar akuntansi dengan tingkat pengaruh sebesar thitung 3,472, setelah itu dikonsultasikan dengan ttabel dengan N=33 dan tingkat kesalahan 5% diketahui ttabel 1,697 jadi thitung>ttabel yaitu 3,472 >1,697. Untuk analisis regresi berganda dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa percaya diri dan berpikir kritis mempunyai pengaruh terhadap kemandirian belajar akuntansi dengan tingkat pengaruh sebesar fhitung 13,61, selanjutnya dikonsultasikan ftable (ft) dengan dk pembilang = k (2) dan dk penyebut = (n-k-1) (33-2-1) dan taraf kesalahan yang di tetapkan 5% maka Ftabel 3,32, jadi fhitung>ftabel yaitu 13,61>3,32. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara Percaya Diri dan Berpikir Kritis terhadap Kemandirian Belajar Akuntansi kelas X akuntansi SMK NU 01 Slawi. Oleh Karena itu, percaya diri dan berpikir kritis hendaknya lebih ditingkatkan lagi agar kemandirian belajar siswa lebih meningkat.
13135000390 | AST p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain