Skripsi
PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR DI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS VIII SMP ISLAM YAWAPI ASY-SYA’BAN BOJONG PEKALONGAN TAHUN PELAJARAN 2016/ 2017
Kata Kunci: lingkungan belajar di sekolah, prestasi belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas VIII SMP Islam Yawapi Asy-Sya’ban Bojong Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/ 2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Yawapi Asy-Sya’ban Bojong Pekalongan Tahun Pelajaran 2016/ 2017 yang berjumlah 93 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji regresi linier sederhana, uji t (uji signifikan).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan belajar di sekolah terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Yawapi Asy-Sya’ban Bojong Pekalongan dengan tingkat pengaruhnya sebesar 1,79%.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada pihak sekolah diharapkan dapat menciptakan lingkungan belajar yang kondusif serta menyediakan sarana prasarana dan bahan ajar yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar yang dibutuhkan siswa agar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pihak guru diharapkan dapat bekerjasama dan menjalin interaksi/ hubungan yang baik dengan siswa agar tercipta susasana belajar yang nyaman sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pihak siswa diharapkan dapat bekerjasama dan menjalin interaksi/ hubungan yang baik antar siswa agar menambah semangat belajar sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar.
13145000670 | MUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain