Skripsi
PENGARUH INGATAN DAN PERHATIAN TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS X SMA AL-IRSYAD KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Ingatan Peserta Didik, Perhatian Peserta Didik, Kreativitas Belajar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan (1) apakah ada pengaruh ingatan terhadap kreativitas belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017, (2) apakah ada pengaruh perhatian terhadap kreativitas belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad kota tegal tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi 168 dari enam kelas. Pengambilan sampel menggunakan random sampling atau sampel acak. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik Analisis data dari hasil penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana, sebelumnya data diuji dengan menggunakan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) ingatan peserta didik tidak berpengaruh terhadap kreativitas belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017, (2) perhatian berpengaruh terhadap kreativitas belajar ekonomi peserta didik kelas X SMA Al-Irsyad Kota Tegal tahun pelajaran 2016/2017.
Saran dalam penelitian ini adalah (1) lebih meningkatkan kemampuan ingatan peserta didik dan memperhatikan kualitas perhatian peserta didik dalam proses pembelajaran ekonomi, misalnya dengan penggunaan metode dan model pembelajaran yang efektif dan kreatif untuk menarik minat peserta didik agar lebih aktif dalam mengingat materi yang disampaikan guru, (2) meningkatkan kembali konsentrasi belajarnya, baik berupa kemampuan mengembangkan informasi maupun pengetahuan, sehingga peserta didik dapat membuat kombinasi yang baru dalam belajarnya.
13135000550 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain