Skripsi
PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR DIVERGEN TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN (AP) SMK NU 1 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci : kedisiplinan belajar, kemampuan berpikir divergen dan kreativitas.
Penelitian ini membahas masalah tentang pengaruh kedisiplinan belajar dan kemampuan berpikir divergen terhadap kreativitas siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini digunakan untuk mengetahui sejauhmana kedisiplinan belajar dan kemampuan berpikir divergen berpengaruh terhadap kreativitas siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskripitif kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 204 siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini sejumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel rendom sampling dan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa kedisiplinan belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas. Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan Y=25,880+0,134X. Dari hasil persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila kedisiplinan belajar (X_1) dinaikkan sebesar 1% maka akan mempengaruhi kreativitas (Y) sebesar 0,134%.Dan pada variabel kemampuan berpikir divergen terhadap kreativitas, maka diperoleh hasil perhitungan regresi linear sederhana yang menunjukkan Y = 20,51 + 0,333X. Dari hasil persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila kemampuan berpikir divergen (X_2) dinaikkan sebesar 1% maka akan mempengaruhi kreativitas (Y) sebesar 0,333%. Namun Berdasarkan hasil perhitungan uji t (signifikansi) dapat diketahui t_(hitung )1,187 selanjutnya t_(hitung ) dikonsultasikan dengan t_(tabel ) untuk n = 40 dengan tingkat kesalahan 5% adalah 2,024. Maka t_(hitung )
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa kedisiplinan belajar tidak berpengaruh siginfikan terhadap kreativitas siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017, sedangkan kemampuan berpikir divergen berpengaruh signifikan terhadap kreativitas siswa kelas X Administrasi Perkantoran (AP) SMK NU 1 Slawi Tahun Pelajaran 2016/2017. Maka diajukan saran penulis yaitu untuk para guru diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir divergen siswa melalui pembelajaran yang kreatif guna meningkatkan kreativitas siswa.
13135000250 | JAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain