Skripsi
PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU TERHADAP MINAT BELAJR PKn PESERTA DIDIK KELAS X SMK PGRI 2 TAMAN
Kata Kunci: keterampilan mengajar guru, minat belajar Pkn.
Permasalahan dan pertanyaan penelitian ini adalah: (1) Bagaimana keterampilan guru dalam mengajar mata pelajaran PKn di SMK PGRI 2 TAMAN ? (2) Bagaimana minat belajar peserta didik terhadap mata pelajaran PKn di SMK PGRI 2 TAMAN ? (3) Apakah ada pengaruh keterampilan mengajar guru terhadap minat belajar PKn peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 TAMAN ?
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian statistik inferensial yaitu peneleitian dengan teknik cara analisisnya mengambil sampel dan hasilnya diberlakukan untuk populasi, dengan jumlah populasi 559 peserta didik kelas X dan 4 guru mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan diambil sampel untuk penelitian 10% dari populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, sebelumnya diuji normalitas dan linearitas.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Berdasarkan perhitungan kecenderungan skor menyatakan bahwa dari 55 peserta didik kelas X SMK PGRI 2 TAMAN (0%) peserta didik yang menilai guru memiliki kecenderungan keterampilan mengajar sangat tinggi, (18,18%) dalam kategori tinggi, (67,27%) dalam kategori rendah, dan (14,54%) dalam kategori sangat rendah. 2) Berdasarkan perhitungan kecenderungan skor menyatakan bahwa dari 55 peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 TAMAN (0%) memiliki kecenderungan minat belajar PKn dalam kategori sangat tinggi, (36,36%) dalam kategori tinggi, (55,54%) dalam kategori rendah, dan (9,09%) dalam kategori sangat rendah. (3) Berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh r^2=66,4%. Hal ini berarti bahwa pketerampilan mengajar guru mempunyai pengaruh sebesar 66,4% terhadap minat belajar PKn peserta didik, melalui persamaan regresi Y = 37,35 + 0,35 X. Sisanya 33,6% dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar guru (X) dengan minat belajar PKn (Y) pada peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 TAMANtahun akademik 2016/2017 diterima dan hipotesis nihil (Ho) tidak terdapat pengaruh antara keterampilan mengajar guru (X) dengan minat belajar PKn (Y) pada peserta didik kelas X di SMK PGRI 2 TAMAN tahun akademik 2016/2017 ditolak.
12135000050 | MUS p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain