Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PENGEMBANGAN PERILAKU BERPIKIR SECARA POSITIF DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP N 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Perilaku Berpikir Positif
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari peserta didik sebelum dan sesudah bimbingan kelompok. Selain itu, untuk mengetahui efektifitas bimbingan kelompok terhadap pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari peserta didik.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, desain penelitian dengan menggunakan eksperimen pre-test post-test one group. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Kota Tegal berjumlah 252. Sampel diambil peserta didik yang berpikir positifnya rendah sebanyak 24 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Teknik analisis data menggunakan rumus t-test dan deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil perhitungan pada pre-test diperoleh skor rata-rata sebesar 94,9 dengan persentase 41,6%. Sedangkan pada post-test diperoleh skor rata-rata 105,4 dengan persentase 45,8%. Terdapat peningkatan skor berpikir positif sebesar 10,5. Hasil perhitungan t-test diperoleh nilai thitung = 6,808 kemudian dikonsultasikan dengan nilai ttabel = 2,069 yang diperoleh dari DB = 23 taraf signifikan 5%. Dari hasil perhitungan tersebut ternyata thitung > ttabel yaitu 6,808 > 2,069. Maka dapat disimpulkan bahwa Adanya efektifitas layanan bimbingan kelompok tehadap pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik kelas VII SMP N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Simpulan hasil penelitian ini adalah adanya efektifitas layanan bimbingan kelompok tehadap pengembangan perilaku berpikir secara positif dalam kehidupan sehari-hari pada peserta didik.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru pembimbing atau guru BK diharap dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok agar perilaku peserta didik yang berpikir positifnya rendah dapat teratasi dengan maksimal.
11135000110 | SAR e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain