Skripsi
PENGARUH KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 BALAPULANG KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
RINI, NUR AFIFAH SETYO. 2017. “Pengaruh Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017”. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd., Pembimbing II: Dr. Maufur.
Kata Kunci: Pengaruh, kompetensi guru BK, motivasi belajar.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyaknya peserta didik yang kurang mempunyai motivasi belajar dalam proses belajar mengajar, seperti: jarang mengerjakan tugas, mudah putus asa, tidak memiliki rasa ingin tahu, cepat bosan dengan tugas-tugas rutin.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling, 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik, dan 3) Ada tidaknya pengaruh kompetensi guru bimbingan dan konseling terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Populasi penelitian 261 peserta didik, dengan sampel sebanyak 40 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kompetensi guru BK mayoritas dalam kategori tinggi (30,00%), terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel X frekuensi tertinggi terdapat pada interval 109-115 dengan jumlah responden 12 (30,00%), 2) Tingkat motivasi belajar peserta didik mayoritas dalam kategori tinggi (32,50%), terlihat dari hasil analisis deskriptif variabel Y frekuensi tertinggi terdapat pada interval 113-119 dengan jumlah responden 13 (32,50%), 3) Ada pengaruh kompetensi guru bimbingan dan konseling antara motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Balapulang Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017, terbukti dari hasil perhitungan analisis statistik korelasi product moment diperoleh rxy = 0,393, dengan rtabel = 0,312, maka rxy > rtabel atau 0,393 > 0,312 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima.
Saran dari penulis diharapkan guru bimbingan dan konseling dapat mempertahankan dan meningkatkan kompetensinya dalam upaya meningkatkan motivasi belajar peserta didik sehingga mencapai prestasi belajar peserta didik yang maksimal.
11135001280 | RIN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain