Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN GESTALT TERHADAP KEMAMPUAN LIFE SKILLS PADA PESERTA DIDIK KELAS X PEMASARAN SMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Gestalt, Kemampuan Life Skills Peserta Didik.
Layanan bimbingan kelompok berpendekatan gestalt adalah sebuah terapi yang didasari aliran psikoanalisis, fenomenologis, dan eksistensialisme, serta psikologi gestalt yang mengutamakan pada tanggung jawab diri dan keutuhan individu bukanlah organisme yang terpotong-potong pada bagian tertentu dalam menjalani kehidupannya yang pemberian bantuan (bimbingan) kepada individu melalui kegiatan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan life skills pada dua kelompok yang berbeda antara yang diberi dan yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan gestalt, untuk mengetahui adanya pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan gestalt, serta pengaruhnya.
Populasi penelitian berjumlah 136 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 28 peserta didik yang memiliki kemampuan life skills rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapi dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearmen Brown, dilanjut uji analisis data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji t (t-test).
Hasil deskriptif pada kelompok kontrol dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 42–53 sebanyak 6 peserta didik (43%) dari jumlah populasi dengan kriteria cukup, sedangkan hasil treatment pada kelompok eksperimen hasil rata-rata dalam rentang nilai 73–99 sebanyak 7 peserta didik (50%) dalam kriteria tinggi ini berarti terdapat perbedaan peningkatan peningkatan yang diberi layanan sebanyak 50%. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 3,700, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 26, maka ditemukan ttabel = 2,056, sehingga thitung = 3,700> ttabel = 2,056 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok berpendekatan gestalt terhadap kemampuan life skills pada peserta didik kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak (H0).
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah perlu upaya keras dalam meningkatkan layanan bimbingan kelompok berpendekatan gestalt, perlu dukungan yang kuat dari guru.
11135000840 | ARI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain