Skripsi
PERSPEKTIF KONSELING ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN AKHLAK MULIA PADA PESERTA DIDIK DI MTs SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017 ( Studi PTBK Peserta Didik Kelas VIII)
Kata Kunci : konseling Islami, akhlak mulia
Tujuan penelitian ini mendeskripsikan secara empiris (1) tingkat akhlak pada peserta didik, (2) perspektif konseling Islami pada peserta didik, (3) upaya untuk meningkatkan akhlak mulia pada peserta didik, (4) perspektif konseling Islami dalam meningkatkan akhlak mulia pada peserta didik MTs Salafiyah Karangtengah Warungpring Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas VIII MTs Salafiyah dengan metode penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Penelitian dilakukan dua siklus. Setiap siklus terdiri perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data hasil angket dianalis secara deskriptif persentase.
Hasil penelitian (1) pelaksanaan layanan konseling Islami pada peserta didik kelas VIIIc diperoleh rata-rata 74,07% pada siklus I, artinya peserta didik dalam mengikuti layanan sebesar 74,07% pada siklus I. Sedangkan pada siklus II diperoleh rata-rata 86,57%, artinya peserta didik dalam mengikuti layanan sebesar 86,57% dari yang diharapkan. Peningkatan aktifitas peserta didik dalam mengikuti layanan sebesar 12,50%. (2) peningkatan akhlak mulia peserta didik dengan layanan konseling Islami pada peserta didik kelas VIII pada siklus I Akhlak mulia peserta didik dari 36 peserta didik yang mengikuti layanan sebanyak 29 peserta didik (88,89%) tuntas dan 7 peserta didik (11,11%) belum mencapai ketuntasan Akhlak mulia dapat ditingkatkan pada siklus II dari 36 peserta didik yang mengikuti layanan konseling sebanyak 32 peserta didik (84,62%) tuntas dan 4 peserta didik (15,38%) belum mencapai ketuntasan Akhlak mulia belajarnya. (3) Layanan konseling Islami dapat meningkatkan akhlak mulia peserta didik kelas VIII, dilihat dari tingkat ketuntasan Akhlak mulia pada siklus I mencapai 70,08% meningkat menjadi 84,62% pada siklus II. Persentase peningkatan akhlak mulia pada siklus I dan siklus II sebesar 11,54%. Artinya konseling Islami dapat meningkatkan Akhlak mulia peserta didik kelas VIII Mts Salafiyah Karangtengah Pemalang Tahun Ajaran 2016/2017.
Evaluasi layanan konseling di sekolah perlu dilakukan untuk mengetahui perkembangan hasil layanan bimbingan kelompok. Perlu identifikasi terhadap pendekatan konseling yang sesuai dengan masalah peserta didik.
11135000950 | NUR p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain