Skripsi
UPAYA MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK SATYA PRAJA 2 PETARUKAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Perilaku Membolos, Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik
Latar belakang penelitian adanya peserta didik yang sering membolos sekolah, bimbingan kelompok yang kurang efektif. Penelitian ini bertujuan apakah ada upaya mengurangi perilaku membolos melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan behavoristik pada peserta didik kelas X.
Perilaku membolos adalah perilaku peserta didik yang berangkat dari rumah dengan memakai seragam sekolah lengkap tetapi peserta didik tersebut tidak sampai kesekolah. Bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik di pandang pantas untuk diberikan kepada peserta didik yang memiliki perilaku membolos tinggi.
Populasi penelitian berjumlah 237 peserta didik. Pengambilan sampel dengan purposive random sampling dengan kelipatan 2 terdata 22 peserta didik sebagai sampel. Variabelnya adalah bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik (variabel bebas) sebagai variabel penyebab, dan perilaku membolos (variabel terikat) sebagai varibel akibat. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas dengan rumus Spearman Brown, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif persentase.
Berdasarkan hasil penghitungan pre-test perilaku membolos melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik dalam kategori tinggi sebanyak 9 peserta didik (41%), kemudian hasil penghitungan post-test perilaku membolos dalam kategori rendah sebanyak 10 peserta didik (45%). Dari hasil analisis data diketahui rhitung = 2,820 dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan N-1 = 22-1 = 21, maka didapat ttabel = 2,080. Dengan demikian thitung (2,820) lebih besar dari ttabel (2,080). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berarti “ada upaya mengurangi perilaku membolos melalui bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik pada peserta didik kelas X SMK Satya Praja 2 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Saran dari penulis bahwa bimbingan kelompok dapat mengurangi perilaku membolos pada peserta didik sehingga guru BK dapat menggunakan bimbingan kelompok sebagai reverensi dalam pemberian layanan kepada peserta didik.
11135000790 | MUL u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain