Skripsi
PENGARUH KREATIVITAS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR AKUNTANSI PESERTA DIDIK KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
KataKunci : Kreativitas Belajar, Pengambilan Keputusan Belajar dan Kemandirian Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kreativitas dan pengambilan keputusan belajar terhadap kemandirian belajar akuntansi pada peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Akuntansi sebanyak 160 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 40 orang diambil dari masing-masing kelas 10 anak dari total 4 kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif prosentase, uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas belajar terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana Y = 22,84 + 0,55X dan diketahui thitung = 4,62 dikonsultasikan dengan ttabel adalah 1.68595 maka thitung>ttabel yaitu 4,62>1.68595, maka Ha1 diterima dan Ho ditolak. Kemudian diketahui ada pengaruh positif dan signifikan antara pengambilan keputusan terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana Y =21,5 + 0,56X dan diketahui thitung = 5,74 dikonsultasikan dengan ttabel adalah 1.68595 maka thitung>ttabel yaitu 5,74 >1.68595, maka Ha2 diterima dan Ho ditolak. Serta bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan pengambilan keputusan belajar terhadap kemandirian belajar yang dibuktikan dengan hasil perhitungan analisis linier berganda Y =18,9 + 0,20 + 0,43 dan uji signifikan Fhitung =17 dikonsultasikan dengan ftabel adalah 3,25 maka fhitung>ftabel yaitu 17>3,25, terbukti maka Ha3 diterima dan Ho ditolak.
Saran dari penelitian ini adalah diharapkan kepada guru akuntansi untuk selalu memberikan motivasi, dukungan dan kebebasan pada peserta didik untuk mengasah kreativitas dan kemampuan mengambil keputusan dalam setiap cara belajar akuntansi supaya dapat terbentuk suatu kedewasaan dalam belajar yaitu sikap kemandirian belajar dari peserta didik tersebut secara maksimal.
13135000330 | FIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain