Skripsi
EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CYCLE LEARNING TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Mia Semester Genap pada Pokok Bahasan Statistika di SMA Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017)
PAMUNGKAS, AGNI ASMARA. 2017. Efektivitas Model Pembelajaran Cycle Learning Terhadap Prestasi Belajar Matematika dan Keaktifan Belajar Peserta Didik (Studi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI Mia Semester Genap pada Pokok Bahasan Statistika di SMA Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2016/2017). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Suwandono, M.Pd.,
Pembimbing II M. Shaefur Rokhman, S.Si, M.Si.
Kata kunci : cycle learning, prestasi belajar matematika, keaktifan belajar.
Masih sedikitnya guru yang menerapkan model pembelajaran yang bervariatif menjadikan peserta didik belum bisa berkembang lebih baik dalam mencapai prestasi belajar dan keaktifan belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui apakah ada perbedaan prestasi belajar matematika dan keaktifan belajar peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model cycle learning dengan yang menggunakan model STAD (Student Teams Acheivement Division) pada peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Ketanggungan. 2) untuk mengetahui apakah penggunaan model cycle learning lebih efektif daripada yang pembelajarannya menggunakan model STAD terhadap prestasi belajar Matematika dan keaktifan belajar pada peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Ketanggungan.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester 2 di Sma Negeri 1 Ketanggungan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 298 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling . Sampel yang diambil berasal dari 5 kelas XI Mia di SMA Negeri 1 Ketanggungan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis ragam multi variate satu arah (One Way Manova) dan uji analisis τ^2- hotelling yang sebelumnya data diuji dengan uji prasyarat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan model pembelajaran cycle learning lebih baik dibanding penggunaan model pembelajaran STAD pada kelas XI Mia di SMA Negeri 1 Ketanggungan. Dikarenakan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran cycle learning peserta didik dituntut lebih aktif dalam mencari bahan materi tanpa diberikan materi terlebih dahulu oleh guru, sedangkan pada kelas yang menerapkan model pembelajaran STAD peserta didik hanya menerima materi yang diberikan oleh guru saja.
17135001050 | PAM e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain