Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM PEMBENTUKAN SOLIDARITAS MELALUI LAYANAN BIMBINGAN SOSIAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI AKUTANSISMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Sosial, Komunikasi Interpersonal Dalam
Pembentukan Solidaritas
Layanan bimbingan sosial merupakan layanan berfungsi sebagai layanan pencegahan dan penyembuhan pada setiap permasalahan yang terjadi seperti menurunnya kemampuan komunikasi interpersonal yang berdampak pada kurangnya rasa solidaritas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi interpersonal dalam pembentukan solidaritas pada kelas XI Akuntansi berbeda antara sebelum diberikan layanan dan yang sesudah diberi layanan bimbingan sosial, untuk mengetahui adanya upaya peningkatan komunikasi interpersonal dalam pembentukan solidaritas melalui layanan bimbingan sosial.
Populasi penelitian berjumlah 120 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 30 peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal dalam pembentukan solidaritas yang rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapi dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Spearman Brown, dilanjut uji analisis data statistik deskriptif persentase dan uji hipotesis dengan uji t (t-test).
Analisis deskriptif diperoleh skor rata-rata sebelum diberikan layanan bimbingan sosial dalam rentang nilai 99-104 sebanyak 8 peserta didik (26,7%) kriteria rendah, dan setelah diberikan layanan bimbingan sosial hasil rata-rata dalam rentang nilai 122-127 sebanyak 9 peserta didik (30,0%) dalam kriteria tinggi ini berarti terdapat peningkatan sebanyak 3,3%. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 8.756, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 30-1 = 29, maka ditemukan ttabel = 2.045, sehingga thitung = 8.756 > ttabel = 2.045 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang berbunyi “terdapat upaya meningkatkan komunikasi interpersonal dalam pembentukan solidaritas melalui layanan bimbingan sosial pada peserta didik kelas XI Akutansi SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” dan menolak hipotesis nihil.
Saran yang dapat dikemukakan dari simpulan adalah diharapkan bagi guru pembimbing dapat lebih memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling agar peserta didik yang memiliki permasalahan komunikasi interpersonal dan rendahnya solidaritas dapat ditangani dengan baik
11135000750 | SAR u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain