Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW BERBANTUAN MEDIA PUZZLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT (Studi Penelitian Pada Peserta Didik Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 4 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2016/2017)
MUJIB, ALMA. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Pokok Bahasan Segi Empat Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 4 Petarukan Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Ponoharjo, M.Pd.
Pembimbing II Hj. Isnani, M. Si, M. Pd.
Kata Kunci : Keefektifan Model Pembelajaran, Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle.
Tingkat belajar yang rendah menyebabkan prestasi belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai nilai KKM. Salah satu model pembelajaran yang memberikan peluang bagi peserta didik untuk mengembangkan prestasi belajar adalah model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle yang nilainya diatas 70 melampaui 43%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle lebih baik daripada model pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VII semester II SMP Negeri 4 Petarukan Kabupaten Pemalang 2016/2017 yang terdiri atas 287 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 146 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Instrumen pengamatan dalam bentuk lembar pengamatan yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta tes prestasi dalam bentuk soal pilihan ganda yang telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Analisis data yang digunakan adalah uji proporsi satu pihak kanan, uji t satu pihak kanan.
Hasil penelitian ini diperoleh: 1) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle yang nilainya diatas 70 melampaui 43%, 2) Ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle dengan model pembelajaran konvensional, 3) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw berbantuan Media puzzle lebih baik daripada model konvensional.
17135001180 | MUJ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain