Skripsi
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PPKn MELALUI METODE KONTEKSTUAL DALAM MEMAHAMI HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 SLAWI TAHUN PELAJARAN 2016/2017
FAQIH UDIN, AHMAD. 2017 “Meningkatkan Prestasi Belajar PKn melalui Metode Konstekstual dalam memahami Hakikat Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada Siswa Kelas XI AHP 2 SMK negeri 2 Slawi Tahun pelajaran 2011/2012”.
Kata Kunci : PKn, Model Kontekstual.
Sudah seyogyanya kegiatan belajar mengajar juga lebih mempertimbangkan siswa. Siswa bukan sebuah botol kosong yang bisa diisi dengan muatan-muatan informasi apa saja yang dianggap perlu oleh guru. Selain itu, alur proses belajar tidak harus berasal dari guru menuju siswa. Siswa juga saling mengajar dengan sesama siswa yang lainnya. Bahkan, banyak penelitian menunjukkan bahwa pengajaran oleh rekan sebaya (peer teaching) ternyata lebih efektif dari pada pengajaran oleh guru. System pengajaran yang memberikan kesempatan kepada anak didik untuk bekerjasama dengan sesama siswa dalam tugas-tugas terstruktur disebut sebagai system “pembelajaran gotong royong” atau model konstekstual” dalam system ini, guru bertindak sebagai fasilitator.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan (a) Apakah pembelajaran model kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar PKn? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran PKN dengan diterapkannya metode pembelajaran Kontekstual.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (a) ingin mengetahui pengaruh pembelajaran model kontekstual terhadap hasil belajar pelajaran PKn setelah diterapkannya pembelajaran Kontekstual.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu : rancangan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI AHP 2 Tahun pelajaran 2011/2012 data yang diperoleh berupa hasil tes formatif,lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II, dan Siklus III yaitu, Pra Siklus (53.33%), Siklus I (59.86%), Siklus II (71.53%) dan Siklus III (79.58%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kontekstual dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa SMK Negeri 2 Slawi Kelas XI AHP 2 serta model pembelajaran ini dapt digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn.
12155000240 | UDI m C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain