Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGURANGI SIKAP KECEMASAN AKIBAT KETIDAKSESUAIAN MINAT PADA PESERTA DIDIK KELAS X AKUTANSI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Sikap Kecemasan Akibat Ketidaksesuaian Minat.
Penelitian yang berjudul Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Sikap Kecemasan Akibat Ketidaksesuaian minat pada peseta didik Kelas X Akutansi SMK PGRI 2 Taman, Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016 ini dilatar belakangi oleh adanya masalah jumlah peserta didik yang masih cemas ketika mengikuti pembelajaran tidak bisa konsentrasi sehingga memunculkan pertanyaan sebagai berikut: 1. sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok kelas X Akutansi, 2. sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok kelas X Akutansi , 3. efektif pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mengurangi sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik kelas X Akutansi. Adapun tujuan penelitian ini yaitu, sebagai berikut : 1. Untuk mengetahui sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok kelas X Akutansi 2. Untuk mengetahui sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok kelas X Akutansi 3. Untuk mengetahui efektif tidaknya pelaksanaan bimbingan kelompok untuk mengurangi sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik kelas X Akutansi.
Bedasarkan pada teori tentang bimbingan kelompok dan sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat , peneliti ajukan hipotesis yaitu Layanan bimbingan sangat efektif untuk mengurangi sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peserta didik kelas X Akutansi. Dapat ditarik simpulan dari penelitian ini yaitu dengan menggunakan populasi yang berjumlah 24 peserta didik. Sedangkan data dikumpulkan menggunakan teknik angket, wawancara, observasi dan dokumentasi setelah data terkumpul dianalisis dengan deskriptif presentase dan T – Test maka 3,034>2,807 (ts 1%, N=23) layanan bimbingan kelompok sangat efektif untuk mengurangi sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat pada peseta didik kelas x akutansi smk pgri 2 taman, kabupaten pemalang. Disarankan untuk guru pembimbing lebih memberikan layanan bimbingan kelompok untuk mengurangi sikap kecemasan akibat ketidaksesuaian minat, agar peserta didik bisa mengontrol kecemasan.
11125000450 | UTA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain