Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN ROUND CLUB TERHADAP KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR Studi Eksperimen di Kelas VIII Semester II SMP Negeri 6 Tegal Tahun Ajaran 2015/2016
Kata Kunci: Keefektifan, Round Club, Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Peserta Didik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: 1) Ada perbedaan keaktifan antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Round Club dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 2) Ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Round Club dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Round Club dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 4) Model pembelajaran Round Club lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 6 Tegal Tahun Ajaran 2015/2016 yang berjumlah 262 peserta didik. Dari populasi diambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, observasi dan tes. Instrumen telah teruji validitas dan reliabilitas pada taraf signifikan 5%. Analisis data menggunakan uji t satu pihak kanan,MANOVA dan uji 2 – Hotelling.
Hasil penelitian yang dilakukan pada peserta didik kelas VIII semester II materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar SMP Negeri 6 Tegal Tahun Ajaran 2015/2016 menyatakan bahwa : 1) Ada perbedaan keaktifan antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Round Club dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 2) Ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Round Club dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 3) Ada perbedaan keaktifan dan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Round Club dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran ekspositori, 4) Model pembelajaran Round Club lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran ekspositori terhadap keaktifan dan prestasi belajar matematika.
17125000320 | INN k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain