Skripsi
PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN PESERTA DIDIK MEMANFAATKAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING KELAS VIII SMP NEGERI 1 WANASARI KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
WINDIYANTO. 2016. Judul Skripsi “Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Bimbingan Konseling Terhadap Kepuasan Peserta Didik Memanfaatkan Pelayanan Bimbingan Konseling Kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Hj. Sitti Hartinah DS,MM., Pembimbing II Drs. Soebianto, M.Pd,
Kata Kunci : Persepsi Kualitas, Pelayanan Bimbingan Konseling, Kepuasan
Pelayanan bimbingan konseling dalam membantu peserta didik untuk dapat berkembang secara optimal maka dalam memberikan pelayanan hendaknya dapat meningkatkan kualitasnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) persepsi kualitas pelayanan bimbingan konseling. 2) kepuasan peserta didik memanfaatkan pelayanan bimbingan konseling. 3) pengaruh persepsi kualitas pelayanan bimbingan konseling terhadap kepuasan peserta didik memanfaatkan pelayanan bimbingan konseling kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian 197 peserta didik, sedangkan sampel berjumlah 40 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji korelasi product moment.
Hasil uji validitas terdapat variabel X yang valid 18 item, 2 item tidak valid, dan variabel Y yang valid 18 item, 2 item tidak valid. Sedangkan reliabilitas variabel X sebesar 0,843, dan variabel Y sebesar 0,778. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas pelayanan bimbingan konseling dalam kategori baik sebanyak 11 peserta didik (27,5%). Kepuasan peserta didik memanfaatkan pelayanan bimbingan konseling dalam kategori baik sebanyak 12 peserta didik (30,0%). Dari hasil perhitungan dengan analisis korelasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,629. Nilai rhitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan N = 40 pada taraf signifikan 5 % atau (=5 %) diperoleh rtable = 0,312 ternyata rhitung = 0,629 > rtabel = 0,312 yang berarti menerima hipotesis alternatif yang menyatakan “Ada pengaruh antara persepsi kualitas pelayanan bimbingan konseling terhadap kepuasan peserta didik memanfaatkan pelayanan bimbingan konseling kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016”
Kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Wanasari Kabupaten Brebes tergolong baik tetapi perlu terus diingkatkan kualitasnya agar semua peserta didik dapat merasa puas dengan pelayanan Bimbingan dan Konseling dengan cara memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling yang lebih menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik di masa sekarang atau masa depan.
11125001910 | WIN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain