Skripsi
ASPEK RELIGIUS DALAM NOVEL DUNIA TANPA CAHAYA KARYA RAMADITYA ADIKARA DAN IMPLIKASI TERHADAP PEMBELAJARAN DI SMA
Kata kunci : aspek religius, novel, implikasi.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek religius dalam novel Dunia Tanpa Cahaya dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran di SMA. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan keagamaan. Sumber datanya berupa cuplikan/penggalan wacana yang mengandung aspek religius dalam novel Dunia Tanpa Cahaya karya Ramadtya Adikara. Wujud data dalam penelitian ini berupa kalimat atau kutipan yang mengandung aspek religus dalam novel Dunia Tanpa Cahaya karya Ramaditya Adiakara.Pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan ini menggunakan teknik studi pustaka. Metode ini digunakan untuk memperoleh data-data sebagai bahan analisis maupun sebagai tinjauan teori untuk menemukan gambaran aspek religius yang terdapat dalam novel Dunia Tanpa Cahaya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembacaan heuristik merupakan cara kerja yang dilakukan oleh pembaca dengan menginterprestasikan teks sastra secara referensial. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal yaitu data yang disajikan dalam deskripsi verbal dengan rumusan kata-kata bias atan palambang-lambang.
Hasil penelitian menunjuk kan bahwa di dalam novel Dunia Tanpa Cahaya karya Ramaditya Adikara terdapat terdapat 3 aspek diperoleh data dengan jumlah keseluruhan 43 kutipan yang terbagi menjadi, 1) Aspek Akidah, 16 data kutipan, 2) Aspek Akhlak, 22 data kutipan, dan 3) Aspek Ibadah, 6 data kutipan. Hasil penelitian ini dapat diterapkan dalam pendidikan khususnya pembelajaran sastra, novel Dunia Tanpa Cahaya dapat dijadikan bahan alternative bagi guru maupun peserta didik sebagai materi pembelajaran sastra yang berkaitan dengan aspek religius, historis maupun budaya yang tercermin dalam sebuah karya sastra.
Berdasarkan hasil penelitian maka disaran kan kepad asiswa untuk meningkatkan kemampuan memahami isi novel supaya menambah wawasan, pihak guru disaran kan untuk lebih mengajarkan khususnya pembelajaran apresiasi sastra, tidak hanyaitu, novel juga dapat memberikan teladan bagi siswa melalui nilai-nilai kehidupan dan sikap yang positif dari tokoh-tokoh yang ada dalam karya sastra.
15125001590 | PRA a C1 | Tersedia | |
15135001390 | MAU a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain