Skripsi
AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENULIS TEKS BIOGRAFI DENGAN PELAYANAN GURU MELAKUKAN PEMBUKAAN PENUTUPAN YANG EFEKTIF, SERTA MEMBERIKAN BANTUAN BERTANYA DASAR LANJUT DAN MEMINTA KESIMPULAN PESERTA DIDIK DI SMP N KOTA TEGAL
Kata Kunci : Aktifitas Belajar Siswa, Teks Biografi Dengan Pelayanan Guru.
Kegiatan belajar mengajar pasti terdapat beberapa kelemahan yang mempengaruhi Aktifitas belajar siswa. Permasalahan pendidikan begitu kompleks padahal pendidikan begitu penting dalam menyiapkan manusia untuk mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas kehidupan sebagai bangsa yang bermartabat. Rumusan masalah dari penelitian ini antara lain 1) Apakah sebagai guru harus mempunyai kemahiran dalam mengelola pembelajaran, 2) Adakah pengaruh kurangnya kemahiran guru dalam pembukaan maupun penutup saat pembelajaran, 3) Bagaimana motifasi guru kepada peserta didik agar mampu bertanya dan mempertanyakan secara antusias, 4) Bagaimana peserta didik dalam menyimpulkan materi disetiap akhir pembelajaran.
Penelitian ini ditinjau dari teori belajar Behaviorisme, teori belajar kognitivisme, teori belajar humanistik, teori belajar sibernetik, kemahiran guru, dan pembelajaran.
Dari penelitian dihasilkan kesimpulan sebagai berikut : 1) Pada pengamatan pertama sebelum dilakukan dialog dan wawancara dengan para guru dalam memberikan pelayanan pada proses pembelajaran belum melakukan apersepsi secara maksimal, 2) Pada pengamatan kedua yaitu dialog dengan mengumpulkan guru-guru SMP yang telah diamati, muncul titik terang tentang keberhasilan sebuah proses mengajar yaitu lebih mengutamakan apersepsi terutama motivasi pada awal pelajaran agar siswa siap menerima pelajaran pada proses pembelajaran, 3) Setelah dilakukan wawancara pada pengamatan ketiga, pelayanan guru dalam proses pembelajaran mengalami peningkatan menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya, 4) Setelah dilakukan dialog dan wawancara, ada sedikit peningkatan, yang awalnya belum melakukan apersepsi secara maksimal menjadi cukup baik, 5) Pelayanan guru dalam melakukan pembukaan, bertanya dasar lanjut, bertanya menggali, dan memberikan petunjuk mencatat dengan memeriksa catatan siswa dapat berpengaruh dalam meningkatkan aktifitas siswa.
Dari penelitian ini disimpulkan bahwa dari beberapa guru bahasa indonesia di SMP Kota Tegal memiliki berbagai cara dalam melakukan pembukaan, penutupan yang efektif dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa.
15125000250 | TSA a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain