Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN ETIKA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK PESERTA DIDIK KELAS VIII C SMP NEGERI 2 BANTARBOLANG KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Latifatuzzahro. NPM 1112500060. 2016. Upaya Meningkatkan Keterampilan Etika Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Sukoco KW, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Hj. Sitti Hartinah DS, MM. Kata Kunci : Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Behavioristik, Keterampilan Etika Pergaulan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan etika pergaulan yang dimiliki peserta didik sebelum treatment, untuk mengetahui keterampilan etika pergaulan yang dimiliki peserta didik setelah treatment, dan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Keterampilan Etika Pergaulan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristik Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi penelitian adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarbolang sejumlah 135. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dengan ketentuan sampel yang diambil adalah peserta didik yang terduga membutuhkan bantuan dalam meningkatkan keterampilan etika pergaulan, jumlah sampel 14 peserta
Hasil penelitian mengenai keterampilan etika pergaulan peserta didik sebelum diberikan treatment tergolong dalam kriteria rendah dengan pencapaian persentase 35,7%. Sedangkan keterampilan etika pergaulan peserta didik mengalami peningkatan setelah diberikan treatment dengan pencapaian persentase 42,8% dalam katergori tinggi. Selanjutnya berdasarkan hasil analisis menggunakan analisisi statistik uji t, menghasilkan thitung sebesar 2,526 menunjukkan nilai yang lebih besar dari ttabel dengan dk13 pada taraf signifikansi 5% ( 2,228 ). Sehingga, Hipotesis Kerja (ha) yang berbunyi “ Terdapat upaya meningkatkan keterampilan etika pergaulan melalui layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Bantarbolang Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016.
dapat diterima kebenarannya.
Dengan demikian penulis menyimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok sangat tepat dalam membantu peserta didik meningkatkan ketermapilan etika pergaulan. Sehingga penulis menyarankan kepada peserta didik agar dapat berkonsultasi pada guru BK apabila merasa mengalami hambatan atau masalah, dan sebaiknya peserta didik selalu mengutamakan etika dalam bergaul agar tidak terbawa pada arus pergaulan yang salah. Bagi guru BK agar dapat memberikan kenyamanan dan kepercayaan dari peserta didik agar mereka tidak segan atau ragu untuk melakukan kegiatan layanan dengan guru BK. Perlu adanya perhatian khusus terhadap peserta didik yang terindikasi memiliki gejala pergaulan yang tidak sehat, atau pergaulan tanpa etika. Terutama pengawasan dari orang tua peserta didik. Hal ini dilakukan agar dapat memperbaiki moral para remaja di era modern saat ini.
underachiever, hendaknya lebih terbuka mengenai permasalahannya sehingga dapat diselesaikan segera dan meningkatkan prestasi belajar sesuai potensinya.
11125000600 | LAT u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain