Skripsi
PERAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP KEMATANGAN KARIR BEKERJA PADA PESERTA DIDIK SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Studi Deskriptif Analitik terhadap peserta didik Kelas X Semester II)
Kata Kunci: Bimbingan Karir, Kematangan Karir Bekerja.
Penelitian berjudul Peran bimbingan karir terhadap kematangan karir bekerja pada peserta didik SMK PGRI 1 Taman Pemalang dilatarbelakangi oleh adanya masalah bahwa peserta didik lulusan SMK ketika mencari pekerjaan tidak sesuai dengan kemampuan/kompetensi yang dimilikinya, akibatnya dalam kondisi demikian banyak lulusan SMK yang tidak optimal dalam mengeluarkan kemampuan yang dimilikinya, sehingga memunculkan pertanyaan 1)Pelaksanaaan bimbingan karir.2) Kematangan karir bekerja pada peserta didik. Untuk itu tujuan yang hendak diperoleh adalah 1)Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemetangan karir bekerja. 2) Untuk mengetahui upaya pengembangan kemetangan karir. 3) Untuk mengetahui seberapa besar peran bimbingan karir terhadap kematangan karir bekerja.
Subjek penelitian ini adalah para peserta didik kelas X teknik kendaraan ringan, sampel penelitian diperoleh 32 peserta didik melalui teknik simple randong sampling. Instrumen penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data dengan angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah teknik analisis deskriptif presentase dan teknik analisis korelasional. Adapun simpulan yang diperoleh sebagai berikut: 1) faktor - faktor yang mempengaruhi kematangan karir bekerja peserta didik adalah faktor -faktor dari dalam diri sendiri (intern) dan faktor dari luar diri sendiri (ekstern). 2) upaya pengembangan kematangan karir bekerja di SMK PGRI 1 Taman Pemalang untuk meningkatkan kesiapan memasuki kesiapan dunia kerja peserta didik dalam kategori tinggi yaitu sebesar 31,25%. 3)besarnya peran bimbingan karir secara signifikan terhadap kematangan karir bekerja adalah 77,08%, sedangkan 22,92% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak penulis teliti antara lain faktor keluarga, kondisi fisik dan status sosial,. Hasil korelasi kedua variabel tentang ada tidaknya peran bimbingan karir terhadap kematangan karir bekerja diperoleh rxy sebesar 0,878. Dengan demikian nilai rxy lebih besar dari rtabel yaitu 0,878 >0,349. Jadi hipotesis kerja (Ha) yang menyatakan “ Ada peran signifikan antara bimbingan karir terhadap kematangan karir bekerja bekerja di SMK PGRI 1 Taman Pemalang Tahun pelajaran 2015/2016. Diterima .
Berdasarkan hasil penelitian, maka saran peneliti agar para guru pembimbing agar memaksimalkan peran bimbingan karir agar dapat meningkatkan kematangan karir bekerja dan peserta didik diharapkan agar tidak segan-segan meminta bantuan kepada guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi masalahnya khususnya dalam masalah karir.
11125001840 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain