Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER DAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII Semester II SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2015/20
HERAWATI, TETI. 2016. Keefektifan Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Model Pembelajaran Examples Non Examples Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar Matematika (Studi Penelitian pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016 pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.,
Pembimbing II Drs. Paridjo, M. Pd
Kata Kunci: keefektifan, Numbered Heads Together, Examples Non Examples, kemampuan berpikir, prestasi belajar matematika.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) apakah prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran Examples Non Examples memenuhi target; (2) apakah ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, model pembelajaran Examples Non Examples dan model pembelajaran Konvensional; (3) apakah ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, model pembelajaran Examples Non Examples dan model pembelajaran Konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (4) manakah model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran NHT, model pembelajaran Examples Non Examples, dan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII semester II SMP Negeri 17 Tegal Tahun Pelajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive kemudian dilanjutkan cluster random sampling. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi satu pihak kanan, uji RAK, uji ANAVA dua arah, dan uji Benferoni yang telah memenuhi uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1)prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT dan model pembelajaran Examples Non Examples memenuhi target; (2)ada perbedaan prestasi belajar matematika antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran model pembelajaran NHT, model pembelajaran Examples Non Examples, dan model pembelajaran Konvensional; (3)ada perbedaan prestasi belajar antara peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, model pembelajaran Examples Non Examples, dan model pembelajaran Konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (4)model pembelajaran NHT yang lebih efektif dibandingkan model pembelajaran Examples Non Examples, dan model pembelajaran Konvensional terhadap prestasi belajar peserta didik ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif tinggi maupun rendah.
17125000870 | HER k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain