Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KREATIVITAS SISWA KELAS X IPS MAN PEMALANG TAHUN 2017/2018
Kata Kunci : Berpikir Kritis, Kemandirian dan Kreativitas
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan berpikir kritis dan kemandirian belajar terhadap kreativitas siswa kelas X IPS MAN Pemalang Tahun 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X IPS MAN Pemalang. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak (random sampling) sebanyak 16 orang. Sedangkan datanya berupa observasi dan kuesioner atau angket. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji-t.
Berdasarkan hasil perhitungan regresi linear sederhana dapat diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kreativitas. Hasil perhitungan regresi linear sederhana menunjukkan Y = 30,16 + 0,008X. Dari hasil persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila berpikir kritis (X_1) dinaikkan sebesar 1% maka akan mempengaruhi kreativitas (Y) sebesar 0,008%. Dan pada variabel kemandirian belajar terhadap kreativitas, maka diperoleh hasil perhitungan regresi linear sederhana yang menunjukkan Y = 18,62 + 0,50X. Dari hasil persamaan tersebut dapat dijelaskan bahwa apabila kemandirian belajar (X_2) dinaikkan sebesar 1% maka akan mempengaruhi kreativitas (Y) sebesar 0,50%. Namun Berdasarkan hasil perhitungan uji t (signifikansi) dapat diketahui t_(hitung )0,0336 selanjutnya t_(hitung ) dikonsultasikan dengan t_(tabel ) untuk n = 16 dengan tingkat kesalahan 20% adalah 1,337. Maka t_(hitung )
Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis tidak berpengaruh siginfikan terhadap kreativitas siswa kelas X IPS MAN Pemalang Tahun 2017/2018, sedangkan kemandirian belajar berpengaruh signifikan terhadap kreativitas siswa kelas X IPS MAN Pemalang Tahun 2017/2018. Maka diajukan saran penulis yaitu untuk para guru diharapkan dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan guna meningkatkan kreativitas siswa.
13135000350 | ARI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain