Skripsi
PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal)
Widia Pangestika, Skripsi. 2017. “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kepercayaan Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal)”. Pembimbing I : Dr. Tabrani, M.M, Pembimbing II : Abdulloh Mubarok, S.E.,M.M.,Akt.
penelitian ini bertujuan untuk dapat menganalisis pengaruh kecerdasan emosional, kepercayaan diri terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 61 mahasiswa tingkat akhir dari Universitas Pancasakati Tegal. Teknik analisis data yang dipakai adalah uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi berganda, uji statistik t dan uji statistik F. Hasil pengujian hipotesis mengindikasikan bahwa kecerdasan emosional, dan kepercayaan diri berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi.
Hasil penelitian adalah : 1) uji statistik F, diperoleh nilai F hitung 3,291 dan nilai signifikan ρ sebesar 0,048 < 0,05. Hal ini berarti Ho ditolak yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emonional dan kepercayaan diri secara bersama-sama terhadap minat dalam pemilihan progrom studi akuntansi. 2) uji statistik t, diperoleh variabel kecerdasan emosional dengan nilai signifikan ρ sebesar 0,978 > 0,05. Artinya Ho diterima, dan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. 3) uji statistik t, diperoleh variabel kepercayaan diri dengan nilai signifikan ρ sebesar 0,22 > 0,05. Artinya Ho diterima atau dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara norma subjektif terhadap minat dalam pemilihan program studi akuntansi.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Pemahaman Akuntansi.
43135001460 | PAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain