Skripsi
KONTRIBUSI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP TERBENTUKNYA RASA PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS X IPA MAN 1 KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok Berpendekatan Behavioristik, Rasa Percaya Diri
Layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik merupakan layanan yang berfungsi sebagai layanan pencegah pada setiap permasalahan yang menganggu pikiran seperti rasa percaya diri peserta didik. Penelitian ini untuk mengetahui : 1) tingkat terbentuknya rasa percaya diri pada peserta didik yang diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik, 2) tingkat terbentuknya rasa percaya diri pada peserta didik yang tidak diberi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik, 3) konstribusi layanan bimbingan kelompok dengan berpendekatan behavioristik terhadap terbentuknya rasa percaya diri di kelas X IPA MAN 1 Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan populasi sebanyak 214 peserta didik, penetapan sampel secara purposive random sampling diperoleh sejumlah 30 peserta didik yang memiliki rasa percaya diri rendah. Teknik pengumpulan data dengan angket teknik utamanya, dan dilengkapai dengan observasi, interview, dan dokumentasi. Uji validitasnya menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitasnya menggunakan Spearman Brown. dilanjut menggunakan teknik analisis deskriptif persentase dan rumus uji t (t-test).
Hasil deskriptif pada kelompok kontrol dipersepsikan diperoleh skor rata-rata dalam rentang nilai 132-147 sebanyak 6 peserta didik (40%) dari jumlah populasi kriteria sangat rendah, sedangkan hasil treatment pada kelompok eksperimen hasil rata-rata dalam rentang nilai 182-197 sebanyak 6 peserta didik (40%) dari jumlah populasi dengan kriteria sangat tinggi ini berarti tingkatan rasa percaya diri kelompok eksperimen lebih
tinggi. Uji hipotesis dengan rumus t-test diperoleh thitung sebesar 3,766, nilai tersebut dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 28 maka
ditemukan ttabel = 2,048, sehingga thitung 3,766 > ttabel 2,048 yang berarti “terdapat konstribusi layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik terhadap
terbentuknya rasa percaya diri peserta didik kelas X IPA MAN 1 Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2016/2017” dan menolak hipotesis nihil.Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok berpendekatan behavioristik, perlu dukungan yang kuat dari guru, peran dan dari seluruh pihak sekolah ikut merasa bertanggung jawab pada rasa percaya diri peserta didik.
11135000970 | HAQ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain