Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNGJAWAB BERORGANISASI PATROLI KEAMANAN SEKOLAH (PKS) PADA PESERTA DIDIK SMK NEGERI 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI PTBK PADA KELAS X PEMASARAN)
YULIANA FATMAWATI IKA. 2017. “Peran Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Sikap Tanggungjawab Berorganisasi Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Pada Peserta Didik SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017” (Studi PTBK Pada Kelas X Pemasaran). Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dr. Dino Rozano, M.Pd, Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Bimbingan kelompok,Sikap Tanggungjawab Berorganisasi PKS
Tujuan penelitian ini (1)untuk mengetahui tingkat tanggungjawab berorganisasi patroli kemanan sekolah (PKS) sebelum diadakannya layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.(2)untuk mengetahui tingkat tanggungjawab berorganisasi patroli kemanan sekolah (PKS) setelah diadakannya layanan bimbingan kelompok pada peserta didik kelas X Pemasaran SMK Negeri
1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017.(3)untuk mengetahui peran layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan sikap tanggungjawab berorganisasi patroli kemanan sekolah (PKS) pada peserta didik di sekolah kelas X Pemasaran SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK).
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Slawi Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan studi PTBK. Subyek penelitian peserta didik kelas X Pemasaran. Pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah subjek penelitian 22 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator sikap tanggungjawab berorganisasi patroli kemanan sekolah (PKS) pada kondisi awal (prasiklus) sebelum dilakukannya layanan bimbingan kelompok diperoleh rata – rata sebesar 52%, sedangkan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator sikap tanggungjawab berorganisasi patroli keamanan sekolah (PKS) pada siklus I sebesar 65%, dan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator sikap tanggungjawab patroli keamanan sekolah (PKS) pada siklus II sebesar 80%.
Saran dari penulis diharapkan adanya pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dapat dijadikan masukan dan bahan kajian dalam menyelesaikan masalah peserta didik khususnya masalah yang berkaitan dengan sikap tanggungjawab berorganisasi patroli kemanan sekolah (PKS), penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di sekolah.
11135000660 | FAT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain