Skripsi
PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
ULFIYANAH, NURUL. 2018. Judul Skripsi “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Sosiodrama terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”, Prodi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Maufur
Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd,
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Bimbingan Kelompok, Sosiodrama
Komunikasi memiliki peran yang besar bagi lancarnya sebuah pembelajaran. Peserta didik harus memperhatikan keterampilan komunikasinya agar dapat berinteraksi dengan sesama individu di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemampuan komunikasi interpersonal sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama, 2) kemampuan komunikasi interpersonal setelah diberikan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama, dan 3) Pengaruh layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosio drama terhadap peningkatan kemampuan komunikasi interpersonal pada peserta didik kelas X IPS SMA PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan populasi sebanyak 62 peserta didik, dan sampel dalam penelitian adalah 10 peserta didik yang memiliki komunikasi interpersonal kurang baik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji T-test.
Kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik sebelum layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama adalah dalam kriteria rendah sebanyak 5 peserta didik (50%). Setelah layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama meningkat dari kategori rendah sebanyak 1 peserta didik (10%) menjadi kriteria tinggi sebanyak 6 peserta didik (60%). Kemudian hasil analisis statistik dari nilai thitung sebesar 4,367. Nilai thitung tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttable pada taraf signifikan 5 % atau ( 5 %) dengan derajat kebebasan N-1 atau 10 – 1 = 9 diperoleh ttable = 2,262 ternyata thitung = 4,367 > ttabel = 2,262 yang berarti “Ada pengaruh bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama terhadap peningkatan komunikasi interpersonal peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Kemampuan komunikasi interpersonal peserta didik yang masih rendah dapat dilatih untuk berkomunikasi dengan berdiskusi kelompok yaitu dengan bimbingan kelompok menggunakan teknik sosiodrama.
11135000030 | ULF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain