Skripsi
UPAYA PENINGKATAN KEDISIPLINAN MELALUI TEKNIK LAYANAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017)
Kata Kunci : Kedisiplinan, Konseling Kelompok, Pendekatan Behavioristik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kedisiplinan peserta didik sebelum pelaksanaan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik, 2) kedisiplinan peserta didik setelah pelaksanaan layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik, 3) Upaya peningkatan kedisiplinan peserta didik melalui layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Randudongkal Tahun Pelajaran 2016/2017
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 148 peserta didik, dan sampel dalam penelitian adalah 20 peserta didik yang kedisiplinanya rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan rumus uji t-test.
Upaya peningkatan kedisiplinan melalui konseling individu berpendekatan behavioristik pada peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017 dilihat dari pra siklus, siklus I dan siklus II pada pra siklus diperoleh nilai thitung sebesar 2,071 dan pada siklus I diperoleh nilai thitung sebesar 3,414 dengan ttabel = 2,093 ternyata thitung = 2,071 < ttabel = 2,093 yang berarti hipotesis nihil diterima dan menolak hipotesis alternatif berbunyi “Layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”. Kemudian pada siklus II diperoleh thitung = 3,414 > ttabel = 2,093 yang berarti hipotesis nihil ditolak dan menerima hipotesis alternatif yang menyatakan “Layanan konseling kelompok berpendekatan behavioristik dapat meningkatkan kedisiplinan peserta didik kelas XI SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Rendahnya tingkat kedisiplinan hendaknya dapat diidentifikasi secara dini oleh guru BK, agar permasalahan kedisiplinan peserta didik dapat diatasi dengan layanan konseling kelompok.
11145001390 | KHO u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain