Skripsi
UPAYA MENINGKATKAN TATA KRAMA PERGAULAN MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA PESERTA DIDIK KELAS XII AP 2 SMK NU 1 SLAWI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Tata Krama Pergaulan
Layananbimbingankelompokmerupakanlayanan yang
berfungsisebagailayananpencegahpadasetiappermasalahan yang
menganggupikiransepertitata krama
pergaulanpesertadidik.Penelitianiniuntukmengetahuitingkattata krama
pergaulanpadaduakelompok yang berbedaantara yang diberidan yang
tidakdiberilayananbimbingankelompok,
untukmengetahuiadanyaupayalayananbimbingankelompoksertaupayanya.
Populasipenelitianberjumlah77pesertadidik, penetapansampelsecarapurposive random samplingdiperolehsejumlah 30 pesertadidik yang memilikitata krama pergaulanrendah.Teknikpengumpulan data denganangketteknikutamanya, dandilengkapaidenganobservasi, interview,dandokumentasi.UjivaliditasnyamenggunakanrumuskorelasiProduct MomentdanujireliabilitasnyamenggunakanSpearman Brown.dilanjutuji data statistikdeskriptifpersentasedanujihipotesisdengan t (t-test).
Hasildeskriptifpadakelompokkontroldipersepsikandiperolehskor rata-rata dalamrentangnilai 132-147 sebanyak 6 pesertadidik (40%) darijumlahpopulasikriteriasangatrendah, sedangkanhasiltreatmentpadakelompokeksperimenhasil rata-rata dalamrentangnilai 182-197 sebanyak 6 pesertadidik (40%) darijumlahpopulasidengankriteriasangattinggiiniberartiterdapatjumlahtingkatantat
a krama pergaulankelompokeksperimenlebihtinggi. Ujihipotesisdenganrumust-test diperolehthitungsebesar 3,766, nilaitersebutdikonsultasikandenganttabelpadatarafsignifikan 5% danderajatkebebasan 28 makaditemukanttabel= 2,048, sehinggathitung3,766 >ttabel
2,048 yang berartimenerimahipotesisalternatif“terdapatupayameningkatkantata karma pergaulanmelaluilayananbimbingankelompokpadapesertadidikkelas XII AP 2 SMK NU 1 Slawi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2017/2018” danmenolakhipotesisnihil.
Disarankan agar seluruh jajaran yang terkait dalam proses pendidikan di sekolah dapat meningkatkan layanan bimbingan kelompok, perlu dukungan yang kuat dari guru, peran serta dari seluruh pihak sekolah lainnya ikut merasa bertanggung jawab pada tata krama pergaulan peserta didik.Dan hasil penelitian menunjukan tingkat tata krama pergaulan dalam kategori sangat tinggi setelah diberikan layanan bimbingan kelompok sehingga dapat memahami materi-materi
x
yang diberikan dan dapat berpikir dengan akal sehat sehingga tata krama pergaulan peserta didik dapat meningkat secara optimal
11135001440 | BAC u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain