Skripsi
PERAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK BERPENDEKETAN RASIONAL EMOTIF TERHADAP PENINGKATAN ETIKA PERGAULAN PADA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 9 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2016/2017 (STUDI PTBK PADA KELAS VIII C)
Kata Kunci: Bimbingan kelompok, etika pergaulan
Masa remaja merupakan masa peralihan untuk menuju kedewasaan dan masa peralihan tersebut sangat diperlukan oleh remaja untuk dapat mempelajari dan mengoptimalisasikan pertumbuhan dan perkembangan dirinya sehingga mampu bertanggung jawab akan segala permasalahan remaja dalam masa dewasa nanti.
Tujuan penelitian ini (1) untuk mengetahui etika pergaulan di sekolah sebelum dilaksanakan layanan bimbingan kelompok berpendekatan rasional emotif pada peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) untuk mengetahui etika pergaulan peserta didik di sekolah sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok berpendekatan rasional emotif pada peserta didik kelas VIII C SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) untuk membuktikan peran layanan bimbingan kelompok berpendekatan rasional emotif terhadap peningkatan etika pergaulan peserta didik di sekolah kelas VIII C SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 (Studi PTBK).
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 9 Tegal Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan studi PTBK. Subyek penelitian peserta didik kelas VIII C. Pelaksanaan penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Jumlah subjek penelitian 30 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan catatan lapangan.
Hasil penelitian menunjukan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator etika pergaulan pada kondisi awal (prasiklus) sebelum dilakukannya layanan bimbingan kelompok diperoleh rata – rata sebesar 52%, sedangkan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator etika pergaulan pada siklus I sebesar 73%, dan tingkah laku peserta didik yang relevan dengan indikator etika pergaulan pada siklus II sebesar 84%.
Saran dari Penulis diharapkan adanya pelaksanaan bimbingan kelompok dapat dijadikan masukan dan bahan kajian dalam menyelesaikan masalah peserta didik khususnya masalah yang berkaitan dengan etika pergaulan, penelitian ini juga dapat dijadikan bahan evaluasi dalam pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah.
11135000330 | PRA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain