Skripsi
PENGARUH LAYANAN INFORMASI BERPENDEKATAN BEHAVIORISTIK TERHADAP PEMAHAMAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN2017/2018
Kata Kunci: Layanan informasi berpendekatan behavioristik dan pemahaman pendidikan karakter.
Pendidikan karakter lebih berkaitan bagaimana menanamkan nilai-nilai tertentu dalam diri anak didik, seperti nilai-nilai yang berguna bagi pengembangan pribadinya sebagai makhluk individual sekaligus sebagai makhluk sosial. Namun fenomena yang berkembang banyak peserta didik yang kurang memahami pendidikan karakter di sekolah sehingga perlu adanya layanan bimbingan dan konseling yang tepat, salah satunya layanan informasi berpendekatan behavioristik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) pemahaman pendidikan karakter sebelum diberikan layanan informasi berpendekatan behavioristik pada peserta didik, 2) pemahaman pendidikan karakter sesudah diberikan layanan informasi berpendekatan behavioristik pada peserta didik, dan 3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan layanan informasi berpendekatan behavioristik terhadap pemahaman pendidikan karakter pada peserta didik kelas XI MAN Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi penelitian 174 peserta didik, dengan sampel sebanyak 30 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik pre-test and post-test one group design.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pemahaman pendidikan karakter sebelum diberikan layanan informasi berpendekatan behavioristik pada peserta didik mayoritas dalam kategori rendah (50,00%), terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pre-test pada interval 190-202 sebanyak 15 peserta didik, 2) Pemahaman pendidikan karakter sesudah diberikan layanan informasi berpendekatan behavioristik pada peserta didik mayoritas dalam kategori sedang (53,33%), terlihat dari frekuensi tertinggi skor angket pre-test pada interval 218-230 sebanyak 16 peserta didik, 3) Ada pengaruh yang positif layanan informasi berpendekatan behavioristik terhadap pemahaman pendidikan karakter pada peserta didik kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, terbukti dari hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 6,466 dan derajat kebebasan (dk) 30-1 = 29, taraf signifikansi 5% didapat ttabel sebesar 2,042. Dengan demikian thitung lebih besar dari ttabel (6,466 > 2,042). Maka Ho ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) dinyatakan diterima.
Saran dari penulis diharapkan guru pembimbing mengevaluasi dan meningkatkan pelaksanaan layanan informasi berpendekatan behavioristik di sekolah mengingat hasil penelitian belum maksimal yaitu pemahaman pendidikan karakter masih dalam kategori sedang.
11135000930 | PAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain