Skripsi
PENGARUH ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Kata Kunci: Pengaruh, motivasi belajar, dan prestasi belajar.
Motivasi belajar dapat membangkitkan dan mengarahkan peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baru. motivasi akan memperkuat respon yang telah dipelajari sehingga akan berusaha untuk mencapai tujuan dalam belajar yaitu prestasi belajar yang tinggi. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa banyak peserta didik yang kurang mempunyai motivasi belajar sehingga belajar kurang maksimal dan prestasi belajar kurang baik, hal ini terlihat dari peserta didik terkesan pasif dan kurang semangat dalam belajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) tingkat motifasi belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Tegal tahun pelajaran 2017/2018, 2) prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Tegal tahun pelajaran 2017/2018, dan 3) Ada tidaknya pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi penelitian 160 peserta didik, dengan sampel sebanyak 25. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat motivasi belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Tegal tahun pelajaran 2017/2018 mayoritas dalam kategori tinggi (32%), terlihat frekuensi tertinggi terdapat interval 113-126 dengan jumlah responden 8; 2) Prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP N 1 Tegal tahun pelajaran 2017/2018 mayoritas dalam kategori tinggi (28%), terlihat frekuensi tertinggi terdapat interval 76,4-77,4 dengan jumlah responden 7; 3) Ada pengaruh signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018, terbukti dari hasil penelitian diperoleh rxy = 0,698, dengan rtabel = 0,396, maka rxy > rtabel atau 0,698 > 0,396 yang berarti hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima. Besarnya pengaruh antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu 48,72%.
Saran dari penulis diharapkan pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik agar selalu mengevaluasi kinerja guru pembimbing dalam memberikan layanan bimbingan dan konseling di sekolah.
11135000090 | LES p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain