Skripsi
HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN INTENSITAS MENYONTEK PADA PESERTA DIDIK KELAS XI TP 2 SMK PGRI 1 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Kata kunci : Konsep diri, Intensitas menyontek
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adanya konsep diri yang negatif pada peserta didik sehingga membentuk perilaku menyontek pada peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui bagaimana konsep diri pada peserta didik kelas XI TP 2 SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2016/2017, (2) untuk mengetahui bagaimana intensitas menyontek pada peserta didik kelas XI TP 2 SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2016/2017, (3) untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan intensitas menyontek pada peserta didik kelas XI TP 2 SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang tahun pelajaran 2016/2017.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian peserta didik yang ada di kelas XI TP 2 SMK PGRI 1 Taman tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 40 peserta didik yang semuanya dijadikan sebagai sampel. Metode pengumpulan data yang dilakukan menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan korelasi produkt moment dan Uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman brown.
Dari hasil skor angket diperoleh hasil dari konsep diri yaitu (35%) dalam kategori rendan sebanyak 14 responden dari 40 responden, sedangkan intensitas menyontek diperoleh hasil (42,5%) dalam kategori cukup sebanyak 17 responden dari 40 responden. Dan dari hasil analisis perhitungan correlasi product moment diperoleh nilai rhitung sebesar 0,679 dengan rtabel pada taraf signifikan 5% dimana diperoleh rtable =0,312 ternyata rhitung 0,679 > rtabel = 0,312 maka terdapat hubungan yang signifikan antara konsep diri dengan intensitas menyontek pada peserta didik kelas XI TP 2 SMK PGRI 1 Taman tahun pelajaran 2016/2017”.
Berdasarkan hasil simpulan, peneliti memberikan beberapa saran yang dapan dijadikan acuan diantaranya. (1) Bagi Sekolah, lingkungan sekolah diharapkan dapat menciptakan suasana yang mendukung tumbuhnya konsep diri yang positif pada peserta didik sehingga dapat menghilangkan intensitas menyontek pada peserta didik (2) Bagi peserta didik diharapkan mempertahankan konsep diri yang positif sehingga menghilangkan intensitas menyontek pada peserta didik, (3) Bagi guru pembimbing diharapkan meningkatkan pengawasan yang lebih ketat dan memberikan hukuman yang tegas terhadap peserta didik yang kedapatan menyontek, sehingga peserta didik tidak akan mengulangi perbuatanya.
11135000190 | MUA h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain