Skripsi
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, FASILITAS DAN CITRA PUSKESMAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA PUSKESMAS PANGKAH TEGAL
Tujuan penelitian : 1) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Pangkah Tegal. 2) untuk menganalisis pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Pangkah Tegal. 3) untuk menganalisis pengaruh citra puskesmas terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Pangkah Tegal. 4) untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, fasilitas dan citra puskesmas secara bersama-sama terhadap kepuasan pasien pada puskesmas Pangkah Tegal.
Populasi dalam penelitian adalah seluruh pasien yang pernah melakukan rawat jalan pada puskesmas Pangkah Tegal yang berjumlah sebanyak 85.386 pasien (data populasi diperoleh dari Puskesmas Pangkah Tegal). Adapun jumlah sampel yang diambil berdasarkan metode tersebut adalah sebanyak 100 pasien dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling. Teknik analisis data yang dipakai adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi rank spearman, analisis koerlasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi.
Hasil penelitian: 1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,843 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 2) terdapat pengaruh yang signifikan antara fasilitas terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,779 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara citra puskesmas terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,629 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. 4) terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, fasilitas dan citra puskesmas secara simultan atau bersama-sama terhadap kepuasan pasien. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,843 dan nilai Fhitung (78,913) ˃ Ftabel (3,09).
Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Citra Puskesmas, Kepuasan Pasien
41135000240 | NUR a C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain