Skripsi
KEEFEKTIFAN MEDIA FILM DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPENDENGAN MENGGUNAKAN METODE RESITASI DI KELAS XI TKR 2 SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG
Kata Kunci: media film, pembelajaran menulis cerpen.
Pembelajaran keterampilan menulis cerpen perlu memperhatikan media khusus didalam mengajarkannya. Untuk memenuhi aspek tersebut diciptakan media pengajaran yang dianggap lebih efektif dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen, yaitu dengan menggunakan media film.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan keefektifan media film terhadap kemampuan menulis cerpen dengan menggunakan metode resitasi di kelas XI TKR 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang dan mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen antara kelompok yang diajar dengan menggunakan media film dengan kelompok yang diajar tanpa menggunakan media film dengan menggunakan metode resitasi di kelas XI TKR 2 SMK PGRI 1 Taman Pemalang.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah tiga belas kelas sebanyak 522 siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling (area sampling). Penulis menggunakan dua kelompok sampel dalam penelitian antara lain (1) kelompok eksperimen, yaitu kelompok siswa yang diajar dengan menggunakan media film, (2) kelompok kontrol, yaitu kelompok siswa yang diajar tanpa menggunakan media film. Sampel kelompok eksperimen adalah kelas XI TKR 2 dengan jumlah 43 siswa dan sampel kelompok kontrol adalah kelas XI TKR 1 dengan jumlah 43 siswa.
Data penelitian diperoleh dari hasil tes menulis cerpen. Berdasarkan hasil tes tersebut rata-rata nilai kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar 16.13% dan rata-raa nilai kelompok kontrol diperoleh t hitung sebesar 11,16 % dengan perbandingan t tabel 1,68 menggunakan taraf signifikasi 0,05 sehingga t hitung lebih besar dibandingkan t tabel. Jadi pengajaran menulis cerpen dengan menggunakan media film dapat dikatakan jauh lebih efektif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, peneliti menyarankan kepada guru bahasa Indonesia agar menggunakan media film dalam pembelajaran menulis cerpen karena dianggap mampu meningkatkan kemampuan dalam bidang menulis, khususnya menulis cerpen dan kepada pihak peneliti yang lain, hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dan pertimbangan untuk melaksanakan penelitian lebih lanjut.
15135000430 | ZAK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain