Skripsi
PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI TOKO MEDIA ILMU DESA KEMANTRAN KECAMATAN KRAMAT KABUPATEN TEGAL
Guntur Gunawan. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelaanggan Di Toko Buku Media Ilmu Desa Kemantran Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. 2017.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan 2) Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pelanggan 3) Untuk mengetahui pengaruh harga dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan.Hipotesis dalam penelitian ini adalah 1) diduga ada pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan 2) diduga ada pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan 3) diduga ada pengaruh harga dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi korelasi rank spearman, analisis korelasi berganda, uji signifikansi korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi.
Dari hasil penelitian 1) Terdapat pengaruh yang sedang, positif dan signifikan variabel harga terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil korelasi rank spearman sebesar 0,599 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. 2) Terdapat pengaruh yang kuat, positif dan signifikan variabel kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa dengan korelasi rank spearman sebesar 0,622 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. 3) Terdapat pengaruh yang kuat, positif dan signifikan variabel harga dan kualitas produk secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil korelasi berganda sebesar 0,683 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Hasil koefisien korelasi determinasi berdasarkan perhitungan sebesar 0,466 berarti total variasi kepuasan pelanggan yang dijelaskan model pengaruh antara kepuasan pelanggan dengan variabel harga dan kualitas produk adalah sebesar 46,7 % sedangkan 53,3 % oleh faktor-faktor lain yang tidak bisa dijelaskan dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Kepuasan Pelanggan, Harga, Kualitas Produk.
41135002030 | GUN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain